HOME

Senin, 15 Agustus 2011

China Sapu Bersih (Lagi)

China mengulangi sukses tahun lalu dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis dengan menyapu bersih semua nomor. Gelar pertama China diraih pasangan ganda putri yang menjadi unggulan satu, Wang Xiaoli/ Yu Yang yang menekuk rekannya Tian Qing/ Zhao Yunlei unggulan lima dalam dua game 22-20, 21-11.

Lin Dan peraih medali emas Olimpiade Beijing, China 2008 kembali membuktikan dirinya patut menjadi yang terbaik. Di partai final Lin Dan mematahkan ambisi Lee Chong Wei yang selangkah lagi merebut gelar juara dunia untuk pertama kali bagi Malaysia yang melaju ke final dengan menekuk juara dunia tahun lalu, Chen Jing di babak semifinal hanya dua game 21-13 21-9. Dalam partai yang begitu dramatis, Lin Dan akhirnya meraih kemenangan atas Lee Chong Wei setelah bertarung tiga game 20-22, 21-14, 23-21.

Gelar juara tunggal putri menjadi milik China melalui unggulan dua, Wang Yihan yang bermain sempurna menekuk tunggal putri China Taipei, Chen Shao Chieh unggulan tujuh 21-15, 21-10. Sementara Shao Chieh bermain tidak seperti pada babak semifinal saat menekuk Juliane Schenk unggulan sembilan dari Jerman 21-18, 21-6, maupun saat menekuk unggulan satu dari China, Wang Shixian di perempatfinal 21-16, 21-17. Bagi Wang Yihan, juara Djarum Indonesia Open Premier Superseries 2011 kemenangan ini semakin mebuktikan dirinya bahwa dirinya layak menjadi tunggal putri nomor satu di dunia yang kini di tangan Wang Shixian.

Pasangan ganda putra China, Cai Yun/ Fu Haifeng membuktikan bahwa mereka masih belum bisa tergeser dari ganda putra terkuat dunia saat ini. Kali ini gelar juara menjadi milik Cai Yun/ Fu Haifeng yang menyumbang gelar keempat bagi China. Di partai final Cai Yun/ Fu Haifeng yang menjadi unggulan satu menekuk ganda putra Korea unggulan lima, Ko Sung Hyun/ Yoo Yeon Seong 24-22, 21-16. Sama seperti Lin Dan, gelar juara yang diraih Cai Yun/ Fu Haifeng kali ini merupakan gelar juara dunia yang keempat setelah tahun 2006, 2009, dan 2010.

Kepastian sapu bersih gelar didapat setelah pasangan ganda campuran, Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang diunggulkan di tempat pertama, mengalahkan pasangan nonunggulan ganda campuran, Chris Adcock/Imogen Bankier.
Pemain nomor satu dunia ini menang dua game langsung 21-15, 21-7. Kemenangan ini melengkapi gelar mereka sebelumnya, yang sukses menjuarai Indonesia Open pada akhir Juni lalu.
Keberhasilan China menyapu dalam seluruh gelar sekaligus memperlihatkan dominasi mereka dalam 10 tahun terakhir. Bagi China, ini menjadi modal yang bagus menuju olimpiade pada tahun 2012 yang juga akan digelar di Wembley Arena, tempat kejuaraan dunia ini berlangsung.


*Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar